IBX5980432E7F390 Tips Memillih Hardisk/HDD Eksternal Berkualitas - Tips Invasion

Artikel Terbaru

Tips Memillih Hardisk/HDD Eksternal Berkualitas


Kebutuhan Hard Disk Drive (HDD) eksternal setiap hari semakin banyak di butuhkan, tentunya ada faktor yang menyebakan hal tersebut. Faktor utamanya ialah terbatasnya kapasitas hard disk internal pada laptop. Terlebih lagi hard disk laptop lebih sulit diganti dibandingkan dengan komputer/PC.

Namun, memilih hard disk eksternal bukanlah hal yang mudah, karena banyaknya merek hard disk eksternal dipasaran membuat kita harus memperhatikan kualitasnya agar tidak gampang rusak. Lalu hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sebua hard disk eksternal?

Untuk kalian yang mau membeli hard disk eksternal, di artikel berikut ini kita akan memberi tips memilih hard disk eksternal yang perlu anda perhatikan.

Tips Memilih Hard Disk Eksternal

Sistem Operasi

Sistem operasi Mac OS dan Windows, kedua sistem operasi ini menggunakan file sistem yang berbeda yaitu HFS+ dan NTFS. Hal ini menyebakan produsen hard disk eksternal membuat produk untuk masing-masing sistem operasi.

Walapun sistem operasi Mac OS dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun kita tidak dapat mengedit atau menulis didalamnya. Jadi, pastikan pada sistem operasi apa hard disk tersebut akan di gunakan.

Besar Kapasitas

Menentukan kapasitas merupakan sesuatu yang harus dilakukan ketika memilih hard disk, dikarenakan terbatasnya kapasitaslah yang menyebakan kita membeli hard disk eksternal, jadi jangan sampai hal tersebut terjadi dua kali. Menentukan kapasitas harus sesuai dengan kegunaan hard disk. Jika hanya untuk menyimpan foto,dokumen atau file-file yang tidak begitu besar hard disk dengan kapasitas 500GB-1TB, sudah cukup.

Kecepatan Rotasi

Hal yang harus di perhatikan selanjutnya adalah kecepatan rotasi dari piringan hard disk. Karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi terhadap kecepatan menulis serta membaca datanya. Semakin cepat rotasi atau perputarannya, maka akan semakin baik kinerjanya.

Kita bisa mengecek pada kemasan atau menanyakan pada penjual mengenai rotasi atau kecepatan putaran hardisk eksternal. Kecepatan minimal rotasi yang baik berada pada kecepatan 7200 rpm atau lebih.

Konektivitas USB

Saat ini kebanyakan hard disk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. Terdapat 3 jenis konektivitas pada hard disk eksternal yaitu, USB 2.0 yang memiliki transfer data sekitar 480mbps, USB 3.0 yang memiliki transfer data hingga 5gbps, dan Port Thunderbolt dengan kecepatan sampai 10gbps.

Dari 3 jenis tersebut, tentu Thunderbolt jadi paling yang direkomendasi untuk kita pilih. Akan tetapi harganya paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya. Jika budget yang kita punya tidak banyak, paling tidak kita bisa memilih hard disk dengan konektivitas USB 3.0 agar kinerja hard disk berjalan lebih maksimal.

Pelindung Hard Disk

Jangan lupa untuk memperhatikan cover penutup dari harddisk eksternal tersebut. Cover tersebut berguna untuk melindungi dari berbagai benturan.

Jika kamu hanya menggunakan hard disk eksternal di rumah maka cukup hard disk dengan pelingdung biasa saja karena harganya lebih murah. Namun jika kamu sering keluar maka sebaiknya gunakan cover yang kuat dari bahan karet atau sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika terkena benturan.

Sesusaikan Dengan Kebutuhan

Penggunaan hardisk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita, karena jika kita membeli dengan kapasitas sangat besar tapi penggunaan memorinya hanya sedikit, maka akan mubazir dan buang-buang uang saja kan?

Jika ingin dijadikan sebagai backup file yang ada di komputer/PC atau laptop, maka hardisk eksternal dengan ukuran 500 GB sudah cukup. Akan tetapi, jika hardisk eksternal akan dimasuki oleh koleksi ribuan film dan berbagai software games besar, maka dibutuhkan hardisk dengan ukuran 1 TB atau lebih.

Garansi

Setelah membeli hardisk external, kita tidak akan pernah tahu kapan hard disk eksternal kita rusak. Oleh sebab itu, pastikan hardisk external yang telah dibeli terdapat garansinya. Dengan memiliki garansi, tentunya kamu tidak perlu takut saat mengalami kerusakan pada hard disk eksternal.

Harga

Sebelum membeli hard disk yang perlu kalian perhatikan adalah harganya, karena setiap hard disk eksternal memiliki harga yang berbeda-beda. Hard disk eksternal dengan ukuran 1 TB biasa dijual dengan harga mulai dari 800 ribuan. Sedangkan untuk ukuran 2 TB atau di atasnnya, biasa dijual dengan harga di atas 1 jutaan.

Itulah Tips memilih hard disk eksternal berkualitas. Dengan cara diatas diharapkan kita bisa lebih selektif sebelum membelinya karena barang yang telah kita beli tentu harus memiliki kualitas yang baik dan meberikan kepuasaan sehingga kita bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.







Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Tips Memillih Hardisk/HDD Eksternal Berkualitas"

Post a Comment